Centro Tips Blog. Saat ini persaingan antara bing dan google semakin ketat. Bing yang telah dibuat sebagai penantang google , saat ini mulai mendapat perhatian dan banyak surfer yang mulai menggunakannya. Bagi anda yang meruapakan pebisnis online tapi blognya belum terlalu besar, maka sering dibuat pusing karena di google kita memiliki peringkat yang baik namun tidak demikian di Bing, bahkan page yang terindex juga kadang jauh lebih sedikit dibanding google maupun yahoo. Oleh karena itu, kita perlu sedikit memahami beberapa karakteristik dari kedua search engine terkemuka ini. Meski saya bukan ahlinya, tapi berikut sedikit ulasan yang bisa saya berikan mengenai keduanya

bing, google, seo, bisnis online software gratis



1.Jumlah kata : bing lebih mengutamakan content jadi bila dalam satu posting anda terdapat lebih dari 350 kata maka kemungkinan rangking anda lebih tinggi di bing. Berbeda halnya google, jumlah kata tidak begitu diperhatikan. Jadi anda perlu mengoptimasi setiap halaman agar memenuhi persyaratan page score bing.

2. Natural language: Bing sangat mengutamakan relevansi, jadi beruntunglah website Anda yang telah dioptimasi dengan kata kunci LSI karena kemungkinan memiliki peringkat yang lebih tinggi dalam Bing. Google pun akan segera melakukan hal yang sama, sehingga tidak ada salahnya bila anda mengoptimasikan page anda berdasar LSI dibanding dengan cara mengulang-ulang kata kunci / keyword. LSI sendiri merupakan algoritma yang digunakan untuk melihat kesesuaian content dengan keyword. Secara singkat, LSI tidak mengutamakan keyword yang banyak melainkan lebih melihat ke sinonim frase sehingga diharapkan anda menulis secara natural bukan keyword yang berulang.

3. Title tags: Bing lebih mengutamakan tag judul daripada Google, jadi pastikan kata kunci Anda muncul dalam tag judul Anda sesering mungkin.

4. Back link dan link keluar (outbound link) :Bing lebih mengutamakan link secara keseluruhan dibanding google. Sehingga semakin banyak backlink yang relevan dengan blog anda maka peringkat di bing anda akan semakin tinggi. Google justru akan mempinalti web yang memiliki outbound link besar karena dianggap linkfarm namun bing sebaliknya sehingga anda harus bisa memperkirakan agar keduanya terpenuhi. Dan sekedar tambahan, saat bertukar link maka perhatikan tempat pertukaran link karena akan mempengaruhi pagerank. Anda akan mendapat pagerank yang bagus bila link anda berada di sidebar homepage dibanding dengan di page link tersendiri.

5. Umur domain : tampaknya baik google maupun bing lebih suka dengan domain yang telah lama ada, sehingga bila anda akan memulai bisnis maka lebih baik anda mempertimbangkan untuk membeli domain yang telah ada sebelumnya.

Dari ulasan sederhana ini, maka anda selaku pebisnis online harus mempertimbakan optimasi yang seimbang antara google, bing maupun yahoo sehingga anda mendapat traffic yang besar dari ketiganya. Jika anda mengabaikan ini, bisa jadi pengguna bing terus bertambah sehingga anda kehilangan kesempatan untuk dilihat oleh search engine tersebut. Intinya, bersikaplah bijak dalam mengoptimasikan search engine sehingga anda mendapat traffic yang optimal. Semoga beruntung